Wednesday, September 29, 2010

Komponen dalam Sistem Informasi Manajemen

Komponen dalam Sistem Informasi Manajemen
1. Pendahuluan
Komponen sistem informasi manajemen merupakan seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berkaitan erat. Jika salah satu komponen tidak dapat menyatu maka system tersebut dapat terganggu. Sebagai contoh pada komponen komputer antara keyboard dan mouse, bila kita tidak mempunyai keduanya kita akan sulit untuk menjalakan sebuah komputer. Sumber daya manusia juga merupakan hal penting karena tanpa manusia, kita tidak dapat menjalakan komponen yang ada.

2. Tinjauan Pustaka
Komponen adalah bagian dari suatu sistem yang memiliki peran dalam keseluruhan berlangsungnya suatu proses untuk mencapai tujuan sistem. ( Wawan)

3. Pembahasan
Komponen merupakan bagian dari suatu sistem yang memiliki peran dalam keseluruhan berlangsungnya suatu proses untuk mencapai tujuan sistem. Komponen sistem informasi manajemen ialah suatu elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen system informasi terbagi menjadi dua, yaitu komponen sistem informasi manajemen secara fungsional dan fisik.
Komponen SIM secara fungsional : seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen. Terdiri dari :
·         Sistem Administrasi dan Operasional
Berfungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya. Sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
·         Sistem Pelaporan Manajemen
Berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
·         Sistem Database
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
·         Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
·         Manajemen Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
Komponen SIM secara fisik : keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Terdiri dari :
·         Perangkat Keras
Perangkat keras atau hardware bagi suatu system informasi terdiri dari computer, peralatan penyiapan data, terminal input dan output.
·         Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software terbagi menjadi dua, yaitu : perangkat lunak yang umum yang dipakai untuk pengoperasian dan manajemen data, dan dipakai untuk program aplikasi.
·         Database
Merupakan file-file tempat penyimpanan data dan informasi.
·         Prosedur Pengoperasian
Disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Prosedur terbagi atas tiga jenis, yaitu : instruksi untuk pemakai, instruksi penyiapan masukan, dan instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat.
·         Personalia Pengoperasian
Terdiri dari operator, programmer, analisa sistem, personalia penyiapan data, dan koordinator operasional SIM dan pengembangannya.

4. Penutup
Komponen SIM merupakan elemen-elemen yang membentuk suatu system informasi. Setiap elemen satu dengan yang lainnya saling berkaitan erat agar system informasi dapat berjalan lancar.  Untuk komponen SIM secara fisik, agar tercipta sistem yang handal maka dibutuhkan suatu hardware,software,database yang mumpuni. Bagian dari personalia pengoperasian juga harus ditingkatkan karena mereka merupakan komponen yang penting untuk menciptakan sebuah sistem.  Komponen-komponen tersebut harus menyatu agar tercipta sistem informasi yang handal.

5. Referensi
http://my.opera.com/xragilx/blog/2009/12/31/pengenalan-sistem-informasi-manajemen 
http://leoalberto.wordpress.com/2008/11/14/sistem-informasi-manajemen/ 

2 comments: